Minggu, 31 Mei 2020

Business Plan/ Rencana Bisnis


Hallo gais, balik lagi sama gua di blog ini untuk ngebahas berbagai hal yang menyangkut kewirausahaan. Untuk kali ini gua bakalan ngebahas mengenai Business Plan atau Rencana Bisnis. Tentunya ketika kita ingin menjalankan suatu bisnis atau kita sedang menjalankan bisnis memiliki rencana dari bisnis tersebut. Business Plan itu sendiri adalah  rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Nah, dari rencana-rencana yang kita buat untuk menjalankan bisnis maka kita akan tahu jelas bisnis kita akan seperti apa. Dengan ada nya business plan memudahkan kita untuk mencapai tujuan, karena dalam perencanaan kita akan menentukan dan memilih berbagai cara yang ada untuk bisa mencapai tujuan tersebut sehingga sudah jelas apa yang akan dikerjakan demi kelangsungan bisnis itu. 

Business Plan juga memiliki manfaat antara lain yaitu :
a. Tujuan Bisnis Menjadi Lebih Jelas
Pertama-tama saat akan memulai bisnis kita akan merancang strategi dan rencana awal bisnis. Sebuah bisnis yang baru akan dirintis dan sedang dirintis tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa sebuah perencanaan yang jelas.Bagaimana awal harus memulai bisnis, bagaimana bisnis ini akan berjalan nantinya serta bagaimana caranya agar bisnis ini tetap bertahan. Tentu hal itu harus kita pikirkan secara matang dan terukur. Maka dengan menyusun sebuah rencana bisnis, kita akan lebih terarah mencapai target yang ingin dicapai.

b. Mengetahui Prioritas
Dalam membuat business plan kita akan menentukan apa yang menjadi prioritas dalam bisnis kita. Prioritas itu mencakup perkembangan usaha, kesehatan keuangan, dan manajemen bisnis. Ketika kita terus mengutamakan prioritas yang dari awal sudah kita tentukan, maka bisnis akan lebih mudah berkembang. 

c. Memprediksi Masa Depan
Dengan membuat business plan yang matang kita dapat memprediksi masa depan dari bisnis kita. Karena tentunya saat membuat business plan kita menentukan rencana bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang. Nah, apa yang akan kita buat di masa depan tidak mustahil untuk direalisasikan. Maka perlu business plan ini untuk membantu kita merealisasikan apa yang telah kita prediksi di masa depan.

d. Membantu Permodalan
Dalam membuat suatu bisnis tentu penting memiliki modal. Banyak orang yang gagal mewujudkan bisnis nya karena tidak ada modal. Tetapi, dengan menggunakan business plan yang dibuat secara matang dan jelas, maka akan menjadi daya tarik tersendiri untuk para investor agar berinvestasi di bisnis kita dan kita pun bisa mendapatkan modal dari investasi itu. Selain itu juga akan lebih mudah mendapat sokongan dana dari lembaga keuangan lainnya.

e. Meminimalisir Kegagalan

Dengan melakukan perencanaan tentu kita sedang melakukan persiapan membangun dan menjalankan suatu bisnis dengan serius dan profesional. Saat membuat business plan, kamu menjadi tahu masalah apa yang akan kita hadapi dan kita bisa mempertimbangkan dampak dari setiap masalah tersebut serta mencari jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada. Hal itu tentunya meminimalisir resiko gagal dalam perjalanan bisnis yang begitu panjang.

Prinsip Business Plan.

Dalam membuat business plan ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh kita nih para pebisnis muda, antara lain :

a. Prinsip Otonomi. Pengusaha atau pelaku usaha memiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturanyang berlaku.

b. Prinsip Kejujuran. Jujur sangat penting dalam berbisnis karena dengan jujur akan memudahkan kita untuk menjalankan bisnis sesuai rencana

c. Perencanaan usaha harus diterima oleh semua pihak

d. Perencaan usaha harus fleksibel dan realistis

e. Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha

f. Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja yang efisien dan efektif

g. Prinsip Saling Menguntungkan. Dalam berbisnis tidak hanya menguntungkan satu pihak tapi semua pihak yang terlibat. Menegakan keadlian merupakan salah satu cara untuk dapat bersaing secara sehat dalam pasar.

h. Prinsip Integritas Moral. Seorang pengusaha tidak hanya mengambil keuntungan tetapi perlu memiliki media bagi masyarakat yang bermanfaat.

Komponen Business Plan.

Dalam membuat rencana bisnis kita penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi komponen dalam rencana bisnis ini, berikut adalah komponen-komponen yang ada dalam rencana bisnis yaitu :

a.  Ulasan Deskripsi Bisnis

Disini kita harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan kita jalankan. Tuliskan potensi produk kita saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.

b. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus kita gunakan untuk menciptakan target pembeli, kita harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).

c. Analisa Pesaing

Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing kita dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Kita juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan kita. Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing kita.

d. Rencana Desain dan Pengembangan

Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

e. Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

f. Pembiayaan

Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Dari mana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

g. Kesimpulan Usaha

Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Kita dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen di atas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.

Nah jadi itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui saat kita ingin membuat rencana bisnis kita agar nantinya kita dapat menjalankan bisnis dengan baik. Jadi, itu aja yang bisa gua bagikan kepada kalian, semoga bermanfaat dan terus semangat dalam membuat bisnis maupun menjalankan bisnis ! Terimakasih ! Samapi jumpa di artikel gue selanjutnya heheh..

Berikut Tutorial membuat Business Plan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...