Minggu, 22 Maret 2020

Work From Home ? Usaha Tetap Jalan


Ilustrasi usaha tetap jalan meskipun kerja di rumah
Sumber : Gizmologi
JAKARTA – Meski adanya himbauan untuk work from home dari Presiden Joko Widodo pada Minggu, (15/03/20), ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha agar usaha nya terus berjalan meski berkerja dari rumah.

Baca juga : Akibat Libur Sekolah dan Kerja, Taksi Online Makin Sepi

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha agar usaha tetap berjalan di tengah wabah virus corona.

Terapkan Komunikasi yang Intens Dengan Pelanggan atau Klien
Komunikasi, menjadi kunci penting bagi para pemilik usaha agar mereka memahami apa yang menjadi keperluan klien. Gunakan teknologi komunikasi yang ada saat ini, karena komunikasi menjadi sangat mudah sehingga pelaku usaha juga dapat memahami dengan mudah keinginan klient.

Media Sosial
Dengan adanya media sosial harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha sebagai sarana pemasaran. Para pelaku usaha harus membuat konten yang menarik agar cepat terkenal dan banyak pelanggan. Seperti yang dialami Ibu Angel, seorang pengusaha penjualan sparepart. Ia mengaku usaha nya masih berajalan lancar di tengah perekonomian yang sedang lesu dengan menggunakan pemasaran media sosial.

Digitalisasi bisnis
Hal ini penting untuk mengembangkan bisnis, karena Pertama digitalisasi memangkas proses pekerjaan sehingga lebih hemat waktu dan efisien. Pemilik usaha dapat melakukan hal yang lebih penting. Kedua, dapat meminimalisir kesalahan pada saat proses pekerjaan dengan software bisnis. Sehingga kualitas pekerjaan terjaga dan mempercepat mengambil keputusan.

Perusahaan-perusahaan besar bahkan sudah menerapkan system work from home untuk kepentingan bersama. Pelaku usaha UMKM juga terkena dampak dari virus korona. Masyarakat Indonesia dihimbau untuk beraktivitas dan bekerja di rumah saja untuk mengurangi pencegahan virus corona. Hal ini memengaruhi para pelaku usaha mengalami kekhawatiran akan usahanya apakah akan memburuk, stabil, atau bahkan bisa membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...