Selasa, 24 Maret 2020

Pentingnya Manajemen Organisasi Dalam Berwirausaha



Manajemen organisasi penting dalam berwirausaha. Tetapi sebelum saya bahas mengenai itu, pertama-tama saya akan membahas apa si arti Manajemen dan Organisasi ?. Manajemen adalah proses kegiatan dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Lalu organisasi adalah suatu kumpulan individu yang memiliki tujuan, sasaran, dan target yang harus dicapai. 

Maka dari pengertian manajemen dan organisasi di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen organisasi adalah proses kegiatan dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang terjadi dalam suatu kumpulan individu/organisasi untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan.

Lalu kenapa manajemen organisasi penting dalam berwirausaha ? karena :
a. Memudahkan pencapaian tujuan. 
Tentunya pada saat kita berwirausaha atau ber organisasi pasti kita akan menentukan tujuan, baik tujuan bersama maupun tujuan pribadi. Dengan adanya tujuan tersebut pasti kita membutuhkan sesuatu yang bisa me manage kegiatan dalam usaha atau organisasi. Sesuatu yang bisa me manage itu ialah manajemen. Dengan manajemen bisa membantu  tujuan bersama maupun tujuan pribadi lebih mudah tercapai. Hal ini dikarenakan manajemen lah yang akan membantu me manage dan mengelola sebuah usaha atau organisasi dengan membuat rencana urutan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai target.
b. Mengawasi jalannya suatu usaha atau organisasi
Dalam organisasi atau usaha pasti adanya kegiatan pengerjaan. Nah, untuk memperlancar proses pengerjaan maka diperlukan manajemen untuk mengawasi jalannya kegiatan pengerjaan. Jika terjadi kesalahan, maka manajemen yang akan membantu mengoreksi pekerjaan yang di lakukan oleh para pekerja. Dengan lancarnya kegiatan dalam suatu organisasi atau usaha maka organisasi atau usaha itu sendiri akan berjalan lancer.
c. Mengembangkan orang lain dalam usaha atau organisasi
Pekerja dalam suatu organisasi pasti pernah melakukan kesalahan dan hilang rasa percaya diri. Manajemen disini penting untuk mengembalikan rasa percaya diri mereka. Manajemen dapat memberikan saran yang membangun dan memberikan latihan kepada para pekerja sehingga mereka bisa belajar dari kesalahannya dan bisa menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Maka organisasi atau usaha akan berkualitas juga.
d. Mencapai efektifitas dan efisiensi.
Efektifitas itu sendiri adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Pentingnya manajemen untuk efetifitas ini yaitu membantu wirausaha dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode yang tepat untuk mencapai tujuan. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Pentingnya manajemen dalam efisiensi ini yaitu membantu wirausaha dapat meminimumkan biayapenggunaan sumber daya-sumberdaya untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan disebut wirausaha yang efisien atau sebaliknya.

Nah itulah pentingnya manajemen organisasi dalam berwirausaha. Maka dari itu jika berwirausaha pastikan memiliki manajemen orgnaisasi yang baik sehingga usaha pun dapat berkembang dan berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...