Senin, 30 Maret 2020

Pemasaran Dalam Berwirausaha


Dalam kita berwirausaha pasti kita menginginkan produk dan jasa yang kita tawarkan bisa menarik sehingga mendatangkan banyak pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut kita harus bisa melakukan pemasaran yang baik. Apa sih yang dimaksud pemasaran ?

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place). Pemasaran memiliki tujuan yaitu bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen. 

Dalam berwirausaha perlu untuk memperhatikan aspek pemasaran ini. Penting untuk memahami prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan, keunggulan bersaing,dan fokus pemasaran. Sehingga dengan menggunakan pemasaran yang baik akan mendatangkan banyak pelanggan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Tetapi balik lagi kepada kualtias barang dan jasa harus seimbang dengan teknik pemasarannya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan pemasaran yaitu :
a. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan
b. Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut. a. Pasar individual (individual market). b. Relung pasar (niche market). c. Segmentasi pasar (market segmentation).
c. Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang paling signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kita harus mengenali pesaing khusus dan pesaing umum. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, kita bisa mengidentifikasi peluang dan ancaman bisnis kita.
d. Pemilihan Strategi Pemasaran 
Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.

Selain dari aspek di atas, ada lagi yang harus diperhatikan oleh orang berwirausaha dan ingin memasarkan barang dan jasanya yaitu kreatif dan inovatif. Jika seorang kreatif maka akan lebih mudah menemukan hal-hal menarik untuk dijadikan sebagai bahan pemasaran yang unik. Jika seseorang yang inovatif maka akan lebih mudah untuk menjadikan hal baru yang belum ada sebelumnya menjadi bahan pemasaran. Maka dari itu seorang wirausahawan harus memiliki jiwa kreatif dan inovatif sehingga pemasaran yang dilakukan dapat menarik banyak orang untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkannya. 

Begitu juga dengan strategi pemasaran. Seorang wirausahawan harus bisa menentukan strategi pemasaran yang baik dan sesuai dengan target pemasaran. Misalnya, kartu perdana melakukan pemasaran melalui promosi di TV, Internet, dan media sosial. Hal ini bisa dibilang tepat karena kebanyakan orang yang membutuhkan kartu perdana terutama kaum milenial, itu tidak bisa lepas dari gadget, internet, media sosial. Sehingga tepat sasaran dengan media yang tepat juga. Maka para kaum milenial ini bisa membeli kartu perdana dari promo-promo yang ditawarkan melalui internet. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...