Jumat, 20 Maret 2020

Usaha Photography



Hobi saya adalah photography, maka dengan hobi tersebut saya akan membuka usaha yang berkaitan dengan photography. Usaha dibidang photography cukup banyak, mulai dari Photostudio, Prewedding dan Wedding photography, food photography, company profile perusahaan, pemotretan majalah, pemotretan iklan, membuat tutorial photography hingga jual foto online dan jual beli kamera serta perlengkapannya. Jika dilihat dari segi keadaan yang sangat memungkinkan untuk saat-saat ini saya membuat usaha jasa jual foto online dan food photography.

Saya juga berpikir daripada foto saya hanya di like dan comment oleh orang-orang di medsos saya, kenapa saya ga jadiin itu sebagai bisnis ?. 

Maka dari itu saya ingin memulai usaha jual foto online tersebut. Jual foto online itu sendiri ya berarti saya mengcapture sebuah moment menjadi sebuah foto dan saya menjualnya ke orang-orang dengan membeli lisensi foto saya. Nah untuk memulai usaha ini ada beberapa hal yang masih harus saya pikirkan, mulai dari perlengkapan, bagaimana saya bisa mengambil foto dengan kualitas yang tinggi, minat orang banyak cenderung ke foto yang seperti apa,  kepada siapa saya akan menjual foto-foto tersebut, dan dimana saya menjual foto tersebut.

Dari perlengkapan sendiri yang saya perlukan sudah pasti sebuah kamera dan komponen-komponen lainnya seperti lensa, lighting, dll. Untuk bisa mengambil sebuah foto yang berkualitas tinggi sudah pasti saya akan terus berlatih dan melihat berbagai referensi foto agar saya bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Minat orang banyak cenderung ke foto apa itu akan saya usahakan dengan melihat foto-foto yang banyak digemari di medsos maupun di website-website yang menampilkan banyak sekali hasil foto, sehingga itu akan mempermudah saya untuk dapat mengcapture sebuah foto yang akan disukai oleh banyak orang. Foto-foto yang telah saya capture itu kemudian akan saya jual kepada orang-orang yang tidak sempat untuk melakukan fotografi padahal mereka sangat membutuhkannya, seperti kepada pembuat berita yang tidak sempat mengambil gambar bisa menggunakan hasil foto saya sebagai bahan pelengkap beritanya. Selain itu juga perusahaan-perusahaan baru yang memerlukan foto untuk di website nya. Dan saya akan menjual foto saya di website-website yang memungkinkan saya menjual foto disana seperti, shutterstock.com , 500px.com, dan masih banyak yang lainnya. 

Kurang lebih seperti itu usaha jual foto online yang akan saya buat, selain itu saya juga ingin membuat usaha food photography. Food Photography adalah sebuah cabang seni fotografi yang bertujuan untuk mengabadikan segala macam bentuk dari makanan yang disetting sedemikian rupa sehingga mampu tergambarkan lezatnya makanan tersebut tanpa bercerita dan hanya gambar yang berbicara. Nah untuk membuat usaha ini kurang lebih sama hal-hal yang saya pertimbangkan seperti usaha jual foto online, tetapi yang membedakan adalah siapa, dimana, dan bagaimana saya membuat usaha ini.

Usaha food phography ini akan saya dirikan sendiri dan mencoba untuk menawarkan diri kebanyak rumah makan/ restaurant yang memerlukan foto dari makanan yang dihasilkan. Untuk dimana nya saya akan menawarkan diri lebih kepada restaurant-restaurant maupun orang-orang yang membuka usaha online di bidang kuliner. Jadi orang tersebut mengirimkan saya makanannya atau saya yang akan datang ke tempatnya untuk melakukan photoshoot. Untuk bagaimana saya menjalankan usaha ini, saya akan memulainya dari nol, menawarkan diri ke tempat-tempat kecil terlebih dahulu sehingga jika memang orang banyak suka dengan hasil foto saya itu akan menjadi portofolio saya untuk ke restaurant yang lebih besar/ sudah terkenal. Maka dari itu saya juga akan terus belajar bagaimana menata estetika foto makanan tersebut sehingga menyampaikan sebuah cerita atau pesan dari foto tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...