Minggu, 12 April 2020

Menyebarnya Virus Corona, Kelola Usaha Dari Rumah


"ilustrasi mengelola usaha dari rumah"
Sumber : TheJakartaPost

Jakarta – Melihat semakin menyebarnya virus corona di Indonesia dan pidato resmi himbauan agar masyarakat berkegiatan dari rumah oleh Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (15/3/2020), para pelaku usaha terpaksa melakukan usahanya dari rumah.

Para pelaku usaha harus terus optimis meskipun menjalankan usahanya dari rumah. Mereka harus melakukannya dari rumah karena memang virus corona sudah sangat merebak di Indonesia dan ini tidak bisa di anggap enteng.

Beruntung, teknologi yang semakin mutakhir memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menjalankan usaha mereka tanpa perlu keluar rumah. Berikut 3 cara mudah yang bisa dilakukan pengusaha agar tetap cuan tanpa ketakutan.

Terapkan Komunikasi yang Intens Dengan Pelanggan atau Klien

Komunikasi menjadi kunci penting bagi pelaku usaha untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan. Komunikasi sudah semakin mudah dengan kemajuan teknologi dan internet, maka dari itu para pelaku usaha perlu memanfaatkannya karena komunikasi sudah tidak terbatas factor geografis.

Manfaatkan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Bisnis

Dengan adanya media sosial harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha sebagai sarana pemasaran. Para pelaku usaha harus membuat konten yang menarik agar cepat terkenal dan banyak pelanggan. Seperti yang dialami Ibu Angel, seorang pengusaha penjualan sparepart. Ia mengaku usaha nya masih berajalan lancar di tengah perekonomian yang sedang lesu dengan menggunakan pemasaran media sosial,

Digitalisasi Bisnis

Hal ini penting untuk mengembangkan bisnis, karena Pertama digitalisasi memangkas proses pekerjaan sehingga lebih hemat waktu dan efisien. Pemilik usaha dapat melakukan hal yang lebih penting. Kedua, dapat meminimalisir kesalahan pada saat proses pekerjaan dengan software bisnis. Sehingga kualitas pekerjaan terjaga dan mempercepat mengambil keputusan. Terakhir, kemajuan teknologi mempermudah pengelolaan dalam banyak hal, salah satunya invoice. Meski terkesan simple, invoice merupakan salah satu elemen dalam bisnis yang memiliki intensitas penggunaan sangat tinggi.

Tidak hanya perusahaan besar seperti Microsoft, Google, IBM, para pelaku usaha UMKM juga terkena dampak dari virus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...