Selasa, 16 Juni 2020

My Business


Hallo gaiis balik lagi di blog guee... Kali ini mungkin agak berbeda ya karena gua mau share tetang bisnis yang akan gua bikin. Oke langsung aja ga pake lama-lama lagi. 

Gua akan membuat bisnis yang bergerak dalam bidang peralatan-peralatan komputer, laptop, dan gaming. Bisnis gua ini akan gua kasih nama "GoodGaming Store", kenapa ? karena gua akan menawarkan barang-barang yang memiliki good quality kepada para pelanggan dan berbeda dari toko-toko lainnya. Bisnis ini gua bikin karena awalnya gua dapet sumber ide dari hobby gua sendiri yaitu bermain game. Gua bikin bisnis ini karena emang udah hobby aja, jadi kapan lagi gua punya hobby yang bisa menghasilkan uang ? hehehe. Selain itu, sekarang-sekarang ini juga peralatan komputer, laptop, dan gaming ini lagi naik daun. Sampai ke depannya pun teknologi pasti terus berkembang dang ga pernah mati jadi prospek ke depannya akan bagus dan potensi dari barnag yang gua jual juga bagus karena bener-bener original dan harga ga terlalu mahal. Banyak orang yang ingin memperlengkapi komputer,laptop mereka dengan peralatan-peralatan yang terbaru dan lebih bagus dari sebelumnya. Apalagi dunia e-sport juga lagi ramai, sehingga pasti banyak yang ingin memiliki komputer dan laptop serta Gaming Gear yang mendukung untuk bermain game dan mengikuti tournament-tournament yang ada. Untuk produksi, barang-barang yang gua jual langsung gua ambil dari pabrik atau datengin dari luar negeri untuk beberapa merk jadi ke aslian barang itu udah terjamin.

 

Organisasi dalam bisnis gua ini yaitu gua dan temen gua yang memiliki hobby sama sebagai ownernya. Untuk pemasarannya gua bakal rekrut temen-temen gua dulu yang udah gua percaya baru kemudian jika kedepan prospeknya bagus maka gua akan cari orang lain untuk kerja sama gua. Dalam berbisnis pasti gua perlu uang untuk mulai bisnis maka dari itu gua perlu investor. Investor untuk bisnis gua sendiri yaitu temen gua yang bernama Aldi yang udah punya bisnis besar.

 

Untuk melakukan promosi atau pemasaran gua bakalan ngandelin media sosial seperti instagram, facebook, dll. Selain itu gua juga bakalan buka akun di E-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan e –commerce lainnya. Hal ini dikarenakan internet itu luas ga hanya di Indonesia aja bahkan bisa sampai ke luar negeri, jadi barang yang gua jual ga hanya stuck penjualan dalam negeri tapi luar negeri.

 

Rincian modal bisnis gua :

Capital Expense :

-         Membuat website toko online : Rp. 2.000.000

-         1 Unit Komputer : Rp. 5.000.000

-         1 Unit Modem : Rp. 350.000

-         Modal Stock Peralatan Komputer, Laptop, dan Gaming : Rp. 15.000.000

Total Capital Expenses : Rp. 22.350.000

 

 

Operational Expense :

-         Sewa gedung per bulan : Rp. 2.000.000

-         Gaji 2 orang karyawan Rp. 3.500.000 : Rp. 7.000.000

-         Biaya listrik : Rp. 500.000

-         Biaya Pulsa : Rp. 250.000

Total Operational Expense : Rp. 9.750.000

Dana cadangan untuk 3 bulan pertama : Rp. 9.750.000 X 3 = Rp. 29.250.000

 

Jadi, total modal yang harus gua keluarin untuk memulai bisnis ini :

Rp. 22.350.000 + Rp. 29.250.000 = Rp. 51.600.000

 

Berikut Business Model Canvas :


a.      Key Partners :

Ø  Pabrik 

Ø  Kurir

Ø  Temen (Marketing)

Ø  Investor

Ø Supplier

b.     Key Activities :

Ø  Membeli barang langsung dari pabrik sehingga suah pasti asli

Ø  Packaging dengan menggunakan kayu untuk pesanan online

Ø  Barang selalu di lapisi dengan bubble wrap 


c.     Key Resource :

Ø  Courier

d.     Value Proposition :

Ø  Peralatan computer, laptop, dan gaming semua baru dan original jadi dijamin akan awet.

Ø  Dapet garansi 1 tahun

Ø  Setiap pembelian di atas Rp.500.000 gratis paket mouse dan keyboard gaming.

e.      Customer Relationship :

Ø Memberikan diskon maks 50% di setiap pembelian selanjutnya. Jadi bertahap, missal pembelian ke 2 itu diskon 10% maka pemebelian seterusnya akan ditambah 10%.

Ø  Giveaway

Ø  Kirim broadcast ke wa para pelanggan untuk update barang-barang baru atau kasih info ada event apa

Ø  Free Ongkir untuk belanja diatas Rp. 500.000

 

f.       Channels :

Ø  Media sosial Instagram

Ø  Website Online

g.     Customers Segment :

Ø  Gamers

Ø  Pemilik warnet

h.     Cost Structure :

Ø  Ongkir

Ø  Quota

Ø  Pulsa

Ø  Listrik

Ø  Modem (wifi)

i.       Revenue Streams :

Ø  Penjualan peralatan-peralatan laptop,computer dan gaming di toko offline

Ø Penjualan peralatan-peralatan laptop, computer dan gaming dari Instagram dan web online.

 

Jadi, itulah bisnis yang akan gua buat dan rinciannya seperti apa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat yaa untuk kalian yang ingin membuat bisnis juga…

Terimakasih sudah mau membaca ! Di tunggu next artiklenya ya !

 

 

 Berikut Video Tutorialnya...



Berikut PDF mengenai PKM-K Bisnis saya :

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KDAM 3.0: Affiliate Rahasia Bisnis Internet

“Penjelasan proses bisnis Affiliate oleh Oryani Huang” Sumber: Webinar KDAM JAKARTA – KDAM (Kaya Dari Affiliate Marketing) 3.0 yang diwaki...